Hasil Babak 8 Besar PIALA DUNIA 2018, Gugurnya Tim Terbaik dan Masuknnya Para Kuda Hitam

Babak perempat final atau 8 besar PIALA DUNIA 2018 telah usai pada Sabtu (7/7/2018) malam dengan menyajikan dua laga terakhir yaitu Inggris melawan Swedia dan Rusia versus Kroasia.

Berikut catatan hasil pertandingan yang terjadi pada babak 16 besar PIALA DUNIA 2018.

Uruguay Vs. Perancis (0-2)

Hasil Uruguay vs Perancis di 8 besar PIALA DUNIA 2018 berakhir dengan skor 0-2. Gol Raphael Varane dan Antoine Griezmann pada Jumat (6/7/2018) di Stadion Nizhny Novgorod, membuat Les Bleus menembus semifinal Piala Dunia setelah terakhir kali merasakannya pada Jerman 2006. Sebaliknya mimpi Uruguay mengulang kisah Afrika Selatan 2010 pupus.

Generasi emas’ Perancis menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Rusia 2018. Les Bleus juga membuat wakil Amerika Selatan tinggal tersisa Brasil saja, yang akan menjalani partai maut melawan Belgia pada Sabtu (7/7/2018) dini hari. Antoine Griezmann, sang pemain kunci, mencetak gol ketiganya di Piala Dunia 2018 dalam laga ini.

 

Brazil Vs. Belgium (1-2)

Timnas Belgia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan timnas Brasil 2-1 dalam laga 8 besar di Kazan Arena, Kazan, Rusia, Jumat (6/7/2018) atau Sabtu dini hari WIB.

 

Dwigol kemenangan timnas Belgia dicatatkan atas nama Fernandinho yang melakukan bunuh diri pada menit ke-13. Inilah momen malapetakan bagi Neymar dkk. Selanjutnya lesakan milik Kevin De Bruyne (31′). Sementara satu gol Brasil dihasilkan via sundulan Renato Augusto pada menit ke-76.

 

Russia Vs. Croatia (2-2) (3-4)

Timnas Kroasia berhasil menang atas timnas Rusia pada babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2018 melalui adu penalti di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7/2018) atau Minggu dini hari WIB.

 

Kroasia menang 4-3 melalui adu penalti. Fedor Smolov dan Mario Fernandes menjadi penendang Rusia yang gagal mengeksekusi penalti. Sedangkan di Kroasia, cuma Mateo Kovacic yang gagal mengeksekusi penalti. Sebelumnya, laga ini berakhir imbang 2-2 sepanjang 120 menit. Gol Rusia dicetak Denis Cheryshev pada menit ke-31 dan Mario Fernandes (115′). Sementara dua gol Kroasia dicetak Andrej Kramaric (39′) dan Domagoj Vida (101′).

 

Dengan kemenangan ini, Kroasia berhak melaju ke babak semifinal Piala Dunia melawan Inggris di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB.

 

Swedia – Inggris (0-2)

Inggris lolos ke semi final Piala Dunia 2018, setelah mengalahkan Swedia 2-0 dalam laga perempat final di Samara Arena, Sabtu (07/07) malam.

 

Ini pertama kalinya Inggris lolos ke semi final sejak Piala Dunia 1990 di Italia. Ketika itu timnas Inggris melaju ke semi final sebelum akhirnya dikalahkan Jerman Barat melalui adu penalti. Gol kemenangan Inggris dicetak pemain belakang Harry Maguire di menit 31 dan Dele Alli di menit 59. Kedua gol tercipta melalui tandukan kepala.

 

Di semi final, Inggris akan menghadapi pemenang laga tuan rumah Rusia melawan Kroasia yang digelar pada Minggu (08/07) dini hari.

 

Prediksi Final Piala Dunia 2018

Sudah banyak yang melakukan prediksi untuk tim mana yang paling berhak masuk ke FINAL PIALA DUNIA 2018. Beberapa bahkan sudah melakukan analisa menggunakan Kecerdasan Buatan dan juga menggunakan analisa standar dari pertandingan-pertandingan yang telah terjadi. Lihat saja pada partai Inggris Vs. Kroasia, sebagaimana melihat ketajaman dari para pemain depan Inggris seperti Kane dan Dele, Kroasia juga tidak bisa diremehkan karena memiliki pemain tengah berkelas seperti Modric dan Racitic yang mampu mengatur alur bola dan tempo permainan. Namun semangat Inggris untuk masuk ke Final pertama kalinya akan memaksa para pemain Kroasia untuk tetap fokus dari bahaya serangan pemain Inggris. Kroasia-pun diunggulkan untuk menang pada partai ini sebagaimana jalan yang mereka tempuh ke babak semifinal lebih berat dengan mengalahkan tuan rumah Rusia.

Pada pertandingan lain yaitu Belgia dan Perancis, Bintang muda Perancis, yang sedang bersinar yaitu Kylian Mbappe mengaku akan merasa aneh ketika harus berhadapan dengan Thierry Henry yang bakal membela panji Belgia dalam kapasitasnya sebagai asisten manajer. Henry sampai saat ini masih memegang status sebagai topskor timnas Prancis sepanjang masa, namun ia harus mengesampingkan nasionalismenya tersebut untuk beradu dengan negaranya di babak semi-final PIALA DUNIA 2018, yang menurut rencana digelar di St. Petersburg pada Rabu (11/7) dini hari WIB lusa.

Pertandingan antara Prancis dan Belgia nanti akan menjadi pertarungan kedua kubu untuk kali ke-74 pada semua kompetisi. Dari pertemuan sebelumnya, Belgia sukses menggulung Perancis sebanyak 30 kali sedangkan Prancis hanya mmperoleh kemenangan sebanyak 24 kali saja. Dengan komposisi solid kedua tim, tentu sulit untuk memprediksikan siapa yang menang, namun efek kartu merah, cedera pemain inti yang tiba-tiba terjadi di lapangan, atau penalti yang terjadi akibat VAR akan menjadi elemen yang akan membuat pertandingan semakin panas. Sulit untuk memprediksikan, namun sepertinya dengan bekal pengalaman, timnas Perancis akan melaju ke babak Final.

 

Posted in Piala Dunia 2018.