Laga Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 Babak 2 Skor 4-2, Blunder Hugo Lloris!

Laga Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018). Kedudukan akhir laga Perancis vs Kroasia pada babak kedua 4-2.

 

Gol Perancis dicetak melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic pada menit ke-18, penalti Antoine Griezmann (38'), Paul Pogba (59'), dan Kylian Mbappe (65'). Sementara itu, Kroasia mencetak gol melalui Ivan Perisic (28') dan Mario Mandzukic (69'). Ini menjadi gelar kedua Perancis dalam Piala Dunia. Sebelumnya, tim berjulukan Les Bleus ini pernah menjadi juara ketika turnamen tersebut digelar di negara mereka pada 1998. Juara ini adalah juara yang didapat setelah 20 tahun.

Perancis unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Mandzukic pada menit ke-18. Bermaksud menghalau umpan tendangan bebas Antoine Griezmann, bola hasil sundulan kepala Mandzukic mengarah ke gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lalu Kroasia menyamakan kedudukan pada menit ke-28. Berawal dari situasi bola mati, Mario Madzukic dan Domagoj Vida berhasil menjaga bola di kotak penalti Perancis. Bola jatuh ke kaki Perisic, lalu dengan satu gocekan, sang pemain lepaskan tendangan kaki kiri ke gawang Hugo Lloris.

 

Kemudian, Perancis kembali unggul pada menit ke-38 lewat eksekusi penalti Griezmann. Hukuman ini diberikan karena Perisic menyentuh bola dengan tangan saat menghalau tendangan korner. Lagi-lagi VAR menjadi penentu. Wasit menunjuk titik putih setelah melihat video rekaman. Hingga babak pertama berakhir, Perancis unggul 2-1 atas Kroasia.

 

Namun, Perancis kembali menambah keunggulan pada menit ke-59. Tendangan langsung Paul Pogba memperlebar keunggulan Perancis. Enam menit kemudian, Perancis kembali menambah keunggulan melalui tendangan keras Kylian Mbappe. Skor berubah menjadi 4-1.

 

Gawang Perancis Hugo Lloris melakukan blunder pada menit ke-69 berujung gol yang diciptakan dengan mudah penyerang Kroasia, Mario Mandzukic. Blunder itu berawal dari back pass yang dilakukan Samuel Umtiti, Lloris terlihat terlalu santai dalam penguasaan bola. Mario Mandzukic memanfaatkan blunder Hugo Lloris. Kiper Tottenham Hotspur itu bermaksud mengembalikan bola ke Umtiti, tapi bola berhasil menahan bola dan menceploskan bola ke gawang Prancis.

 

Alhasil, Perancis tetap berhasil mengulangi kesuksesan 20 tahun lalu, sedangkan Kroasia gagal melanjutkan kejutan meskipun menjadi runner-up sudah menjadi prestasi tertinggi sepanjang sejarah mereka.

Posted in Piala Dunia 2018.